FORMAT PEMBUATAN PAPER

Dalam pembuatan Karya Tulis (Paper) sebagai salah satu syarat mengikuti UAN dan UAS di tingkat SMA/SMK/MA dan sederajat, berikut adalah contoh pola (format umum) yang dapat digunakan:

1. COVER

Pada bagian cover atau sampul perlu ditampilkan judul, kemudian jenis karya tulis, tujuan pembuatan karya tulisnya, identitas penulis, lambang sekolah atau institusi, dan nama sekolah atau lembaga,  serta tahun pembuatan.

2. PENGESAHAN

Berisi tentang judul yang telah disahkan sebagai sebuah karya tulis yang telah memenuhi sebagai syarat untuk mengikuti UAN UAS. Didalamnya tercantum judul, identitas penulis, pembimbing karya tulis, penguji karya tulis, kepala sekolah, dan kepala yayasan atau lembaga atau yang  mengesahkan karya tulis, serta nilai dari sebuah karya tulis itu sendiri.

3. MOTTO

Berisi Motto yang dipilih oleh penulis. Biasanya bersumber dari kata-kata bijak, hadits, atau al-qur’an.

4. KATA PENGANTAR

Dalam bagian ini pada dasarnya berisi ungkapan terimakasih kepada berbagai pihak yang ada sagkut pautnya dalam penyusunan karya tulis itu sendiri, seperti: pembimbing, narasumber, kepala sekolah, dan sebagainya.

5. DAFTAR ISI

Daftar isi merupakan susunan/ daftar/ urutan dari isi karya tulis itu sendiri, mulai dari cover sampai daftar pustaka.

6. BAB I PENDAHULUAN

Terdiri dari Latar belakang masalah penulisan karya tulis, batasan dan rumusan masalah dalam penulisan karya tulis, serta sistematika/ cara pembahasan atau penulisan yang dipakai dalam menyusun karya tulis itu sendiri.

7. BAB II PEMBAHASAN

Dalam bagian ini berisi penjelasan-penjelasan tentang keadaan lokasi, hasil pengamatan, serta uraian dan pembahasan dari hasil penelitian itu sendiri.

8. BAB III KESIMPULAN, SARAN, DAN PENUTUP

Bagian ini berisi hasil/ kesimpulan dari penjelasan di bab sebelumnya sesuai dengan hasil penelitian yang ada. Selain itu berisi saran yang diberikan kepada pengelola tempat penelitian/ observasi, khalayak umum, ataupun penulis sendiri dan pembaca.

9. DAFTAR PUSTAKA

Pada bagian ini tentu menampilkan semua rujukan dan referensi yang dipakai oleh penulis untuk menyusun karya tulisnya.

10. LAMPIRAN

Berisi Lampiran-lampiran yang dibuat untuk membuktikan bahwa penelitian benar-benar dilakukan dan aktua, seperti surat keterangan penelitian, hasil wawancara, bukti penelitian, dan lain-lain.

11. DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Berisi tentang riwayat hidup penulis.

Demikian, sedikit penjelasan tentang format penulisan karya tulis yang akan anda gunakan untuk memenuhi persyaratan mengikuti UAN dan UAS. Untuk memahami lebih lanjut silahkan contoh dibawahnya atau download contoh file nya di category “materi download”.

About these ads

One thought on “FORMAT PEMBUATAN PAPER

  1. Pingback: Gaozhan38

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s