Data itu singular apa plural ya??? Apa ada aturannya??

Umumnya Plural dimaknai dengan kata jamak dan Singular dimaknai dengan kata tunggal. Kemudian untuk kata-kata yang jamak biasanya ditambahi -s atau -es, contoh books dan houses. Bedanya apa kok yang satu ditambah -s kok yang satu -es??

Pertanyaan yang bagus, ada tata aturan dalam menambahkan -s atau -es untuk kata-kata yang bersifat plural. Terus kapan kita harus menambahkan -s dan kapan kita harus menambahkan -es??

Biar tau jawabannya yuk simak kajiannya!!

Singular dan Plural hanya terjadi pada kata benda. Biasanya kalau plural ditambahnya -s, tapi kapan kita harus menambahkan -es? Jawabannya adalah ketika noun atau kata benda tersebut diahiri dengan s,z,x,sh,dan ch. Memang beda ya kalau diakhiri dengan huruf lain seperti b,c,k,atau r? kenapa harus diahiri -es bukan -s saja buat menunjukkan kalau itu plural??

Pertanyaan bagus, tentu saja berbeda. Semua itu agar pengucapan pluralnya bisa dilakukan dan tidak terdengar janggal, misal ni, coba anda lafalkan “box – boxs” dan bandingkan dengan “box – boxes” sekarang mana yang lebih gampang dan terdengar lebih bagus saat diucapkan? Nha… pasti “boxes” jawabannya. Sekarang kita simak contoh yang lain yuk!

Moss – Mosses

Buzz – Buzzes

Dish – Dishes

Church – Churches

Wish – Wishes

etc

Catatan: untuk kata benda yang di akhiri -y seperti, lady dan city itu juga di akhiri dengan -es untuk bentuk pluralnya, tapi -y nya harus diganti dengan -i terlebih dahulu baru ditambah -es, jadi lady – ladies, city – cities.

Nha sekarang pertanyaanya adalah? “data” itu plural atau singular ya? hayo siapa yang tahu?? he he he

“saya tau Mr. pasti singular karna ga ada s atau es nya dibelakangnya”

Jawaban yang seperti itu salah. Ada yang tau kenapa salah??

Iya benar, ternyata tidak semua plural itu regular tapi juga ada yang irregular, maksudnya adalah ada perubahan singular ke plural yang beraturan dan dapat diprediksi, yakni dengan menambahkan -s atau -es. Tapi ada juga bentuk plural yang irregular, maksudnya perubahan dari singular ke plural tidak hanya ditambah -s atau -es, tapi tidak beraturan atau berbeda, contohnya adalah data. Data adalah bentuk pluralnya, dan bentuk singular dari data adalah datum. Nah.. sekarangkan kalian sudah tau, jadi jangan berfikir kalau data adalah singular lagi ya!! sehingga untuk merubahnya jadi plural harus ditambah -s menjadi datas itu salah. okay?

Ini ni contoh yang lain untuk perubahan yang irregular:

man – men

woman – women

foot – feet

crisis – crises

mouse – mice

sheep – sheep

fish – fish/ fishes

series – series

phenomenon – phenomena

means – means (alat)

tooth – teeth

etc.

Semoga bermanfaat……. Bye

 

 

4 thoughts on “Data itu singular apa plural ya??? Apa ada aturannya??

    1. Intinya.. dalam bahasa Inggris kata jamak itu tidak selalu ditambai dengan s atau es di belakang katanya. Karena, juga terdapat jenis jamak yang irregular. Contohnua “datum” adalah bentuk tunggal dari “data”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s