WordPress Background Tutorial

a2

Assalamu’alaikum….

Kali ini, saya akan mencoba berbagi sedikit ilmu untuk menambah kesan bagus blog (wordpress) yang kalian punya.

Langsung saja, ilmu yang saya coba adalah cara membuat tampilan background wordpress kita jadi lebih bagus dan menarik. Nah, sebelum membuat background ada beberapa langkah yang harus kita tempuh, mulai dari mempersiapkan gambar back ground yang kita inginkan sampai mengaplikasikannya dalam blog yang kita miliki.

Hmmmm -_- kelihatan nya kok rumit ya??

Gak Rumit kok… beneran dech.. ^_^ hehehe. Lo ga pecaya ni ku kasih trik and tips membuat back ground yang menarik buat kita. Yuk sama-sama kita simak langkah-langkahnya.

  1. Carilah gambar yang paling anda minati dari drive komputer anda.
  2. Kalau sudah, editlah gambar tersebut dengan menggunakan program ACDsee, photosop, atau pun program-program laen yang dapat digunakan untuk mengedit gambar lainnya yang ada pada komputer anda. Namun, pada kesempatan ini saya akan mencoba mengenalkan bagaimana cara untuk mengedit gambat dengan menggunakan program ACDsee 12.
  3. Bagaimana caranya,?? Caranya, klik kanan pada gambar yang anda pilih, kemudian klick edit with ACDsee photo manager 12. Lihat gambar dibawah.
  4. Jika sudah, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
  5. Langkah selanjutnya adalah, mengambil bagian yang paling anda inginkan untuk dijadikan backround  blog and. Caranya, Klick corp pada program ACDsee anda, lalu gantilah ukuran original menjadi custom (Perhatikan Gambar). Lalu ketiklah ukuran 1350 untuk widht nya dan 625 untuk heightnya, lalu OK. Perhatikan gambar.
  6. Jika sudah, pilih bagian gambar yang paling anda suka, lalu done.
  7. Setelah semua langkah tersebut dilakukan, yang selanjutnya ada lakukan adalah Meresize ukuran gambar yang sudah anda pilih tadi. Caranya, Klik menu Resize Pada program ACDsee anda.
  8. Jika menu resize udah terbuka, ktil ukuran 1350 dan 625 pada kolom width dan height nya. Perhatikan gambar di bawah. Kalo sudah, klik done.
  9. Jika sudah, klik done dan simpan file gambar yang sudah anda edit. Disarankan dengan menggunakan Save as.

Nah.. sekaran gambar yang anda inginkan untuk dijadikan background and sudah siap. Langkah-langkah selanjutnya yang harus anda lakukan selanjutnya adalah sebagai berikut.

  1. Bukalah akun wordpress anda dan pilihlah menu dashboard.
  2. Di menu ini, dibagian appearance pilihlah menu Background. Perhatikan gambar di bawah.
  3. Jika menunya sudah terbuka, klick browse untuk meng-up load gambar yang sudah anda siapkan tadi. Perhatikan gambar di bawah.
  4. Jika gambar sudah selesai di upload, lakukan lah setingan berikut untuk membuat background anda jadi lebih sempurna.
  • Pada bagian Position pilih Center
  • Pada bagian Repeat Pilih Tail
  • Pada bagian Attachment pilih Fixed. Agar background anda menjadi statis alias tidak ikut bergerak. Jelasnya, lihat gambar di bawah dan tampilan wordpress yang sedang anda buka.
  1. Jika semua sudah dilakukan klick save change dan lihatlah blog anda.

Semoga dapat membantu ya?? ^_^ have a nice try!

31 thoughts on “WordPress Background Tutorial

  1. kok di dalam appearance di wordpress web saya tdk ada menu Background ya? adanya “themes”, “menu”, “widgets”, “uber menu”, dan “editor” saja.. apa wordpressnya beda?

    1. Waduh… mav saya lupa ga kash tau.. untuk setiap monitor layar… ukurannya menyesuaikan… yang saya berikan untuk yampilan layar 10 dan 12 dan 14″ kalau ada yang lebih besar disesuaikan lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s