BAB I

PENDAHULUAN

 

A. Profil Sekolah

 

  1. Sejarah Berdirinya SMA N 1 Kotagajah

 

SMA Negeri 1 Kotagajah Lampung Tengah berdiri di atas tanah seluas 16.250 M2 atas dasar Surat Keputusan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 0188/O/1979 pada TANGGAL 07  Maret 1979.

Untuk pertama kalinya SMA Negeri 1 Kotagajah menerima siswa baru tahun pelajaran 1979 / 1980 sejumlah 3 kelas yang terdiri dari 120 siswa. Dengan memiliki tenaga pendidik terdiri dari empat orang diantaranya ; Drs. Siryono Tarkib, M. Rifai Basri,BA, Sukhamdiyah, BA dan Sutarsih Kemi, BA. Setelah Kegiatan belajar berjalan sekitar dua bulan bertambahlah tenaga pendidik sebanyak enam orang antara lain : R.Ahmad Matin, BA, Joko Priyanto, BA , SP. Simanjuntak, BA, Sri Dwiyatmani, BA, Sukamto, BA, dan Supono, BA. Mulai belajar pada bulan Juli 1979 dan masih menumpang di gedung SMP Negeri Kotagajah selama satu semester, sambil menunggu kesiapan gedung yang sedang dalam proses pembangunan. Pada semester kedua Tahun pelajaran 1979/1980 pembangunan gedung tahap pertama selesai dan langsung dipergunakan untuk proses belajar mengajar yang terdiri dari satu ruang Kepala Sekolah, satu ruang guru, satu ruang Tata Usaha, satu ruang ketrampilan, satu ruang perpustakaan, sembilan ruang belajar (kelas), enam kamar kecil (toilet), dan satu ruang gudang.

Dalam perjalanannya nama SMA Negeri Kotagajah mengalami berbagai perubahan antara lain : pertama pada tahun 1998 berubah menjadi SMA Negeri 1 Punggur. Perubahan ini disebabkan adanya instruksi dari Dirjend Pendidikan Menengah Depdikbud bahwa nama-nama SMP / SMA Negeri harus disesuaikan minimal sama dengan nama Kecamatan dimana sekolah itu berada. Dan pada waktu itu desa Kotagajah berada di wilayah Kecamatan Punggur. Pada tahun 1999 nama SMA Negeri 1 Punggur mengalami perubahan yang kedua menjadi SMU ( Sekolah Menengah Umum) Negeri 1 Punggur. Sebagai akibat kebijakan di bidang pendidikan bahwa nama SMA Menjadi SMU. Pada tahun 2002 sebagai dampak penerapan Undang-undang Nomor 22 / 1999 tentang otonomi daerah, Kotagajah secara definitif berubah menjadi Kota Kecamatan.

Dengan demikian nama SMU Negeri 1 Punggur mengikuti perubahan menjadi SMU Negeri 1 Kotagajah.(perubahan ketiga). Perubahan ke empat, terjadi pada tahun 2003 sebagai akibat dikeluarkannya Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dimana penggunaan istilah SMU dikembalikan pada nama SMA (Sekolah Menengah Atas ), sehingga nama terakhir yang digunakan adalah nama SMA Negeri 1 Kotagajah,  yang berada di Kecamatan Kotagajah, Kabupaten Lampung Tengah.

 

Kepala Sekolah yang pernah memimpin SMA Negeri 1 Kotagajah diantaranya:

No

Nama Kepala Sekolah

Masa Jabatan

1

Drs. R. Ahmad Matin 1979 – 1987

2

Hi. Slamet Soeparman, BA 1987 – 1996

3

Drs. Sukirman 1996 – 1999

4

Drs. Hamim Hamzah 1999 – 2000

5

Drs. Abdullah Makmur, HA 2000 – 2002

6

Drs. Syatbi Tahmid, MM 2002 – 2012

7.

Drs. Mashudi, M.Pd 2012 – Sekarang

 

  1. Profil Singkat SMA N 1 Kotagajah

 

 

Nama Sekolah : SMA N 1 Kotagajah
Status : Negeri
Alamat : Jalan Raya Kotagajah Lampung Tengah
Kecamatan : Kotagajah
Kabupaten : Lampung Tengah
Kode Pos : 34153
Telepon : (0725) 48318
Fax : (0725) 48318
E-mail : sman1koga@yahoo.com
Website : http://sma1kotagajah.sch.id
Tahun Pendirian : 1979
Tahun Operasional : 1979
Luas Tanah : 16.250 M2

 

 

 

  1. Visi dan Misi

 

  1. Visi

Visi SMA N 1 Kotagajah adalah mewujudkan lulusan menjadi pribadi yang Beriman, Berilmu, Berbudaya dan berwawasan Global. Berikut adalah Indikator visi SMA N 1 Kotagajah:

1)     Aktif dalam kegiatan Sosial dan keagamaan

2)     Unggul  Nilai Ujian Akhir Nasional

3)     Mampu bersaing dalam seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru secara Nasional dan Internasional

4)     Kegiatan Karya Ilmiah Remaja yang kreatif

5)     Cepat Tanggap terhadap perubahan

6)     Unggul dalam kegiatan kesenian

7)     Berdisiplin tinggi dan berakhak mulia

8)     Warga Sekolah yang berwawasan lingkungan.

 

  1. Misi

 

Berdasarkan visi yang diterapkan dan dikembangkan, SMA N 1 Kotagajah memiliki misi sebagai berikut:

1)     Mengupayakan peningkatan kesejahteraan Warga Sekolah

2)     Menyediakan fasilitas agar tercipta pembelajaran yang berkualitas dan berwawasan life Skill serta Tehnologi Informasi

3)     Melaksanakan  pembelajaran dan pendidikan untuk menguasai IPTEK sebagai modal melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

4)     Mendorong siswa mengembangkan potensi diri secara optimal agar mampu bersaing pada Tingkat Nasional dan Internasional.

5)     Meningkatkan kerukunan antar warga sekolah sebagai unsur socienty yang menonjolkan kekeluargaan berdasarkan Iman dan Taqwa.

6)     Kurikulum dan Sistem penilaian berbasis kompetensi yang bersifat Adaftif dengan kurikulum Standar Internasional ( SI ) sebagai dasar pembelajaran.

7)     Manajemen yang Inovatif, Partisipatif, Akomodatif, dari seluruh warga sekolah agar tercipta situasi yang kondusif.

8)     Mengembangkan  kemampuan guru dan karyawan agar dapat menjadi fasilitator yang berkwalitas.

9)     Mengembangkan lingkungan sekolah berwawasan lingkungan Hijau, Indah, Bersih, Aman, dan Harmonis ( HIBAH ).

 

  1. Kebijakan Mutu

 

Untuk mewujudkan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kotagajah sebagai lembaga Pendidikan dan Menjadi SMA Model Bagi SMA dan sekitarnya, kami atas nama seluruh warga SMA Negeri 1 Kotagajah berikrar :

  • Bertekad menerapkan SMM ISO 9001:2008 agar menjadi lembaga  penyelenggara penidikan yang berorientasi mutu pada semua kegiatannya.
  • Memberikan Pelayanan Prima pada semua aspek kegiatan pendidikan untuk menghasilkan tamatan yang bercirikan :

“ WAWAI “
Wawasan Global
Aktif, Kreatif, dan Inovatif
Waspada Dalam Bertindak
Akhlak Mulia
Intelektual Dalam Berpikir

  • Dalam kegiatan sehari-hari, Warga SMA Negeri 1 Kotagajah  menjunjung tinggi  nilai-nilai  dan berprinsip HATI :
    Harmonis, Dalam berinteraksi.
    Amanah, Dalam tugas.
    Tanggung jawab, Dalam Berkarya.
    Ikhlas,Melakukan perubahan yang lebih baik.

 

  1. Tujuan Sekolah

 

Tujuan jangka panjang SMA N 1 Kotagajah adalah sebagai berikut:

 

  1. Tercapainya sasaran sekolah standar internasional
  2. Siswa SMA N 1 Kotagajah peserta ujian akhir lulus secara murni 100%
  3. Tersediana sarana teknologi iinformasi yang bersetandar internasional
  4. Seratus persen lulusan yang mengikuti seleksi di PTN diterima
  5. Tim karya ilmiyah remaja (KIR) dapat berkompetisi pada tingkat nasional dan internasional
  6. Pembelajaran di kelas menggunakan dua bahsa (bilingual) dan media yang bervariasi
  7. 100% lulusan menguasai teknologi dan informasi
  8. 100% lulusan dapat berkomunikasi dengan bahsa Inggris
  9. Tim olahraga dapat bersaing di tingkat propinsi dan nasional
  10. Kegiatan ekstra yang berwawasan lifeskill dalam bidang teknologi informasi
  11. Kampus SMA N 1 Kotagajah yang berwawasan lingkungan HIBAH (Hijau, Indah, Bersih, Aman, dan Harmonis)
  12. Komputerisasi administrasi

 

 

B. Kondisi Sekolah

 

 

  1. Keadaan Sarana dan Prasarana

 

 

SMA N 1 Kotagajah memiliki sejumlah sarana dan prasarana permanen yang terbagi menjadi beberapa ruangan untuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, antara lain:

 

  1. Kelompok Ruang Belajar :

 

Jenis

Jumlah (Ruangan)

Ruang Belajar

21

Laboratorium Fisika

1

Laboratorium Kimia

1

Laboratorium Biologi

1

Laboratorium Multi Media

2

Laboratorium Komputer

2

Laboratorium Bahasa

2

 

  1. Kelompok Ruang Administrasi :

Jenis

Jumlah (Ruangan)

Front Office

1

Ruang Kepala Sekolah

1

Ruang Wa Ka

1

Ruang TU

1

Ruang Guru

1

Ruang Pertemuan

1

Ruang Dapur

1

Toilet

4

 

  1. Kelompok Ruang Penunjang

Jenis

Jumlah (Ruangan)

Perpustakaan

1

Ruang UKS

1

Ruang OSIS

1

Masjid

1

Ruang BK

1

Parkir kendaraan roda 4

1

Parkir kendaraan roda 2 guru

1

Parkir kendaraan roda 2 siswa

1

Sumur Bor

1

Lokasi pengolahan sampah

1

Ruang ekstra kurikuler

3

Gedung Serba Guna / Aula

1

Lapangan olah raga

2

Laboratorium experimen biologi

1

Rumah penjaga sekolah

1

Koperasi

1

Kantin

6

Gudang

1

Pos satpam

1

Dll

 

 

  1. Sarana dan Prasarana Lain

 

  1. Ruang Kepala Sekolah

1)Meja

2)Kursi

3)TV

4)Almari

5)Sofa

6)AC

7)DVD Player

8)Komputer/ LCD Monitor

9)Printer dan Scanner

10)   Dispenser, dll.

  1. Ruang Waka, Guru, dan TU

1)Meja

2)Kursi

3)Kipas Angin

4)Almari

5)Dipenser

6)TV

7)Komputer

8)Printer dan Scanner

9)Buku dan Arsip

10)   Papan pengumuman

11)   Dll

 

  1. Ruang Belajar atau Ruang Kelas

 

SMA N 1 Kotagajah merupakan salah satu sekolah RSBI yang terdapat di propinsi Lampung, oleh karena itu disana diterapkan sistem moving class. Dimana setiap ruang kelas mewakili satu mata pelajaran. Jadi setiap pergantian jam pelajaran siswa harus berpindah menuju ruang kelas lainnya sesuai dengan mata pelajaran selanjutnya. Disetiap ruang kelas (reguler) tersebut terdapat kursi portable untuk memudahkan siswa berdiskusi dengan siswa lainnya dalam setiap pembelajaran yang berlangsung, juga terdapat sebuah whiteboard, lemari buku, meja, dan kursi guru, beberapa kipas angin dan rak sepatu.

Sekolah ini juga memiliki kelas-kelas khusus di setiap level nya. Yaitu kelas yang dilengkapi dengan fasilitas yang lebih memadai dibandingkan fasilitas yang terdapat di kelas reguler, seperti (tambahan): AC, beberapa komputer untuk membantu proses pembelajaran di kelas, dispenser, dan sebagainya.

 

  1. Perpustakaan

1)Rak buku

2)Lemari kaca

3)Buku-buku pelajaran dan pengetahuan umum

4)Kamus bahasa Inggris, Jepang, Indonesia, Jepang, Belanda, dll

5)Meja dan kursi

6)2 komputer untuk absensi pengunjung dan administrasi perpustakaan

7)Kipas angin dan AC

8)Beberapa unit komputer (Perpustakaan digital)

9)Rak sepatu, dll.

  1. Laboratorium Komputer

1)Beberapa unit komputer dan head phones

2)Meja dan kursi

3)White board

4)AC

5)Rak sepatu

 

  1. Laboratorium Bahasa

1)Beberapa unit audio sound

2)Headphone

3)Komputer operasional

4)AC

5)Meja dan Kursi

6)Whiteboard

7)Buku terkait

8)Lemari kaca

9)Rak sepatu

10)   Dll

 

  1. Laboratorium IPA (Biologi, Kimia, Fisika)

1)Meja dan Kursi

2)Microscop

3)Kaca Pembesar

4)Tabung reaksi

5)Air raksa

6)Sekeleton

7)Neraca

8)Lemari kaca

 

 

 

  1. Gedung Serbaguna

1)Satu panggung

2)Permanen

3)Podium

4)Speaker

5)Kursi

6)Kipas angin dan lain-lain

 

  1. Masjid

1)Seperangkat alat sholat

2)Al-Qur’an

3)Karpet

4)Speaker

5)Tempat wudhu

6)Toilet

7)Dll

 

  1. Halaman Sekolah

1)Lapangan Olahraga

2)Tempat parkir kendaraan roda 4 dan lain-lain.

 

  1. Keadaan Kantor dan Pegawai

 

  1. Kantor Kepala Sekolah

 

Keadaan kantor kepala sekolah SMA N 1 Kotagajah sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari ruang kantor yang sudah terpisah dari ruang guru dan pegawai. Kondisi ruangannya pun cukup luas, rapi, dan nyaman dengan fasilitas yang memadai. Sehingga, dapat membantu kinerja kepala sekolah secara optimal.

 

  1. Keaadaan Kantor WaKa dan Staf TU

 

Keadaan kantor WaKa dan kantor TU pun sudah baik. Keduanya terletak terpisah dan mengapit kantor kepala sekolah di tengahnya. Kantor staf TU dan WaKa sama-sama dilengkapi dengan fasilitas yang memadai pula. Di kantor Staf TU terdapat berbagai perlengkapan ketata usahaan mulai dari perlengkapan untuk konsumsi hingga peralatan administrasi seperti pada umumnya. Di kantor WaKa dilengkapi dengan ruang tamu mini, sebuah lemari kaca dengan beberapa perangkat LCD dan media lain yang dapat dimanfaatkan oleh para guru untuk kegiatan belajar mengajar setiap hari.

 

  1. Kantor Guru dan Pegawai

 

Kantor guru dan pegawi terletak pada gedung yang terpisah. Keadaan masing-masing kantor tersebut sudah memadai karena di dalamnya tersedia berbagai fasilitas yang sangat mendukung dan membantu kinerja guru. Sedangkan, di kantor guru BK terdapat ruangan khusus tersendiri untuk konseling siswa (baik konseling akademik, pribadi, maupun sossial) sehingga siswa dapat terjaga privasinya.

 

  1. Keadaan Guru dan Staf TU

 

Jumlah guru tetap di SMA N 1 Kotagajah kurang lebih berjumlah 77 orang, beberapa guru honorer dan beberapa staf lainnya. Hubungan guru dengan siswa, rekan sejawat, staf tata usaha, dan pegawai lainnya hingga kepala sekolah sangat harmonis, kekeluargaan, dan saling mendukung sehingga tercipta suasana sekolah yang nyaman. Berikut ini keadaan guru, staf TU dan pegawai SMA N 1 Kotagajah:

  1. Kepala Sekolah   : 1 Orang
  2. WaKa                   : 5 Orang
  3. Guru Tetap          : 77 Orang
  4. Guru Tidak Tetap                : 3 Orang
  5. Ka. Tata Usaha    : 1 Orang
  6. Pegawai TU         : 8 Orang
  7. Scurity                  : 2 Orang
  8. Jumlah                                 : 97 orang

 

 

  1. Kegiatan-Kegiatan Sekolah

 

Selain kegiatan pembelajaran akademis di ruang kelas setiap harinya atau intra kurikuler SMA N 1 Kotagajah juga memberikan wadah atau tempat untuk mengasah dan mengembangkan potensi-potensi  non akademik siswa di bidang olah raga, musik, seni tari, dan pengembangan potensi diri lainnya. Pihak sekolah dan guru-guru terkait selalu mendukung dan senantiasa membina organisasi-organisasi yang menjadi pusat pengembangan diri siswa tersebut. Berikut ini rincian berbagai kegiatan yang dilaksanakan di SMA N 1 Kotagajah, antara lain:

  1. Kegiatan Intrakurikuler

1)KBM setiap hari pukul 7.10 – 14.00

2)Upacara Bendera setiap hari senin

 

  1. Kegiatan ekstrakurikuler

1)OSIS

2)Pramuka

3)PASKIBRA

4)KIR

5)ROHIS

6)English Club

7)Seni Tari

8)Seni Musik

9)Olimpiade sains

10)   Paduan suara

11)   PMR

12)   Jurnalistik

13)   Dll

 

  1. Kegiatan Olahraga

1)Basket

2)Sepakbola

3)Footsal

4)Taikwondo

5)Bulu Tangkis

6)Bola Volly

 

  1. Kegiatan Tambahan

1)Jam ke nol dimulai pukul 6.30 (Diutamakan untuk kelas XII)

2)Addtional Class semacam bimbel

3)Mading yang dibuat oleh setiap kelas yang berbeda setiap minggunya.

 

 

 

  1. Data Guru Perbidang Studi

 

No

Nama

Mata Pelajaran

1 Drs. I Nyoman Wija PKn
2 Sustiyaningsih, S.Pd PKn
3 Drs. Mardi PKn
4 Septi Andria, S.Pd PKn
5 Maria Tivani, S.Pd PKn
6 Dra. Suharyati Matematika
7 Dra. Suemiyati Matematika
8 Hasanudin, S.Pd Matematika
9 Drs. Sumarno Matematika
10 Rosmini, S.Pd Matematika
11 Agus Riswandi, S.Si Matematika
12 Rahmat Zaelani, S.Si Matematika
13 Istiana, S.Pd Matematika
14 Sukhamdiyah, S.Pd Sosiologi
15 Dian Nursanti, S.Si Sosiologi
16 Drs. Bina Tarigan Sosiologi
17 Sri Dwiyatmani, S.Pd Bahasa Indonesia
18 Dra. Haryanti Bahasa Indonesia
19 M. Juariyah, S.Pd Bahasa Indonesia
20 Dra. Dwi Purbowati Bahasa Indonesia
21 Drs. Makin PAI
22 Bakhti, S.Pd PAI
23 Sugito, S.Pd PAI
24 Subakir, S.Ag PAI
25 Drs. Mardi Sejarah
26 Dra. Emi Agus S Sejarah
27 Dra. Husnayati Sejarah
28 Sutarsih Kemi, S.Pd Sejarah
29 M. Zaenudin, S.Pd Sejarah
30 Dra. Lasmi Sejarah
31 Dra. Rajiyem Bahasa Inggris
32 Erniati, S.Pd Bahasa Inggris
33 Nirwati, S.Pd Bahasa Inggris
34 Siti Rokayah, S.Pd Bahasa Inggris
35 Dini Firdayanti, S.Pd Bahasa Inggris
36 Sismawati, S.Pd Bahasa Inggris
37 Dra. Sumirah Ekonomi
38 Dra. Sumini Ekonomi
39 Emirita Neny W, S.Pd Ekonomi
40 Eka Wahyuningsih, S.Pd Ekonomi
41 Mira Kurniawati, S.E Ekonomi
42 Drs. Mashudi, M.Pd Kimia
43 Nurhayati, S.Pd Kimia
44 Dra. Surmi Kimia
45 Dwi Mawarni, S.Pd Kimia
46 Istiana, S.Pd Fisika
47 Didi Nuryadi, S.Pd Fisika
48 Drs. A Malik Fisika
49 Budi Santoso W, S.Pd Fisika
50 Tajudin, S.Pd Fisika
51 Rini Indarti, S.Pd Fisika
52 Dra. Rumiyati Biologi
53 Sadina, S.Pd Biologi
54 Drs. Supriyono Biologi
55 Edi Purwanto, S.Pd Biologi
56 Dawam Sugito, S.Pd Biologi
57 Dra. Endang Setyowati Koordinator BK
58 Sartana, S.Pd BK
59 Umi Rahayu BP
60 Titik Ernawati, S.Pd BK
61 Ayuningtyas Kusumaningrum, S.Psi BK
62 Yeni Trisnawati, S.Pd BK
63 Dra. Librawati Geografi
64 Hevi Triyanti, S.Pd Geografi
65 Drs. Sugeng Bastio Geografi
66 Hendra Lesmana, S.Pd Penjaskes
67 Akhmad Qurniawan, S.Pd Penjaskes
68 Estu Utami Seni Musik
69 Erna Budiwati Kesenian
70 Andreas Yoyok GTT (Agama Kristen)
71 Samuel Haryadi GTT (Agama Katolik)
72 Endang Setyowati GTT (Agama Hindu)
73 Hilal Fitria, S.Kom TIK
74 Asti Ratnasari, S.Kom TIK
75 Heri, S.Kom TIK

 


 

BAB II

 LAPORAN PELAKSANAAN PPL

 

  1. A.      Persiapan PPL

 

PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) merupakan salah satu program studi yang harus ditempuh oleh Mahasiswa yang sudah memenuhi syarat dalam menempuh progaram tersebut. Dalam pelaksanaannya melibatkan Sekolah-Sekolah/Madrasah-Madrasah yang telah ditunjuk oleh Lembaga Pendidikan yang terkait yaitu STAIN Jurai Siwo Metro. Mengingat akan pentingnya dan kelancaran  kegiatan ini, maka  ada beberapa hal yang harus di persiapkan dengan baik oleh peserta PPL diantaranya adalah sebagai berikut:

 

  1. Persiapan sebelum PPL

Hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum PPL adalah :

  1. Mahasiswa wajib mendaftarkan diri sebagai calon peserta PPL melauli Panitia Pelakasana PPL.
  2. Mahasiswa hendaknya mencari informasi tentang tempat dan waktu pelaksanaan PPL yang telah di tetapakan melalui Surat Keputusan dari Ketua STAIN Jurai Siwo Metro.
  3. Mahasiswa wajib mengikuti pembekalan PPL yang telah di jadwalkan oleh panitia pelaksana PPL.
  4. Berkoordinasi yang baik dengan teman-teman peserta PPL lainnya yang dalam  satu lokasi kegiatan PPL.
  5. Perwakilan dari mahasiswa mengantarkan Surat Pemberitahuan tentang pelaksanaan kegiatan PPL dan sekaligus mengatur waktu maupun tempat dalam acara pelepasan peserta PPL kepada sekolah/madrasah yang dituju.
  6. Menghubungi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) tentang waktu dan tempat pelaksanaan pelepasan peserta PPL.

 

  1. Persiapan Menjelang PPL

Hal-hal yang harus di persiapkan menjelang kegiatan PPL berlangsung:

  1. Berkoordinasi yang  baik dengan Kepala Sekolah/Madrasah maupun Waka Kurikulum.
  2. Menghubungi guru-guru pamong berkaitan dengan pengumpulan dan penyusunan materi yang akan disampaikan oleh peserta didik.
  3. Menyusun jadwal mengajar dan jadwal piket secara bergantian.

 

 

 

  1. B.     Pelaksanaan PPL

 

Kegiatan PPL ini berlangsung di SMA Negeri 1 Kotagajah selama 40 hari terhitung mulai tanggal 1 Februari 2012 hingga 10 Maret 2012. Dalam pelaksanaan PPL tersebut adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh peserta PPL adalah sebagai berikut :

 

  1. Kegiatan Akademik
    1. Memahami silabus yang diberikan oleh sekolah bersangkutan.
    2. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Data Penetapan Bahan Praktek Mengajar serta meminta pengesahan dari Kepala Sekolah dan Guru Pamong.
    3. Menyusun materi yang akan disampaikan oleh peserta didik
    4. Membuat media pembelajaran.
    5. Menyampaikan materi pembelajaran sebanyak 8 kali pertemuan.
    6. Memeriksa kehadiran siswa dan mengisi absensi kegiatan guru dalam mengajar
    7. Mengadakan evaluasi pembelajaran dan penyusunan daftar nilai peserta didik.

 

  1. Kegiatan non akademik
    1. Menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan Kepala Sekolah serta seluruh perangkat sekolah.
    2. Mengikuti kegiatan upacara bendera setiap hari senin
    3. Bagi mahasiswa PRODI PAI, memberikan bimbingan dan pelatihan kepada siswa/siswi tentang persiapan kegiatan perlombaan Rohis dan peringatan Maulid Nabi SAW.
    4. Bagi mahasiswa PRODI PBI, Memberikan bimbingan dan pembelajaran kepada siswa siswi SMA N kotagajah kelas X – XII tentang pengetahuan bahasa Inggris pada program English Plus yang dilaksanakan setiap hari senin sampai rabu setelah pulang sekolah.
    5. Melakukan pendekatan-pendekatan terhadap siswa-siswi melalui shalat berjamaah dan ikut serta dalam memberikan siraman rohani setelah shalat dzuhur berjamaah.
    6. Menjalin hubungan sosial yang baik terhadap lingkungan di sekitar sekolah.
    7. Mencatat dan mengamati sarana dan prasana sekolah.
    8. Mencatat keadaan kantor dan pegawai.

 

 

 

 

 

  1. C.     Hambatan Pelaksanan Praktek

 

Dalam pelaksanaan kegiatan PPL tersebut dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal yang ditentuakan oleh lembaga pendidikan terkait. Namun masih ada beberapa hambatan yang harus dipecahkan oleh peserta PPL diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Masih ada sebagian dari peserta didik yang mempunyai motivasi belajar yang rendah.
  2. Ada sebagian dari peserta didik yang kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran.
  3. Kuarangnya kedisiplinan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.
  4. Ada sebagian kelas yang masih fakum/kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.

 

  1. D.     Usaha Pemecahan Masalah

 

Berkaitan dengan hambatan-hambatan yang muncul dalam pelakasanaan kegiatan PPL tersebut ada beberapa usaha yang ditempuh oleh peserta PPL agar dapat berjalan dengan lancar yaitu:

  1. Peserta PPL selalu memberikan motivasi yang baik kepada peserta didik agar mempunyai semangat belajar yang tinggi dan tertarik dengan materi yang akan di sampaikan.
  2. Peserta PPL membuat kontrak belajar yang baik terhadap peserta didik dengan tujuan agar siswa/siswi dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan tertib, lancar, disiplin dan berkesinambungan.
  3. Peserta PPL  mencoba menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi agar perserta didik tidak mudah bosan dalam mengikuti proses pembelajaran, selain itu juga agar tercipta suasana pembelajaran yang aktif, kreatif dan kondusif.
  4. Memanfaatkan fasilitas-fasilitas kegiatan pembelajaran yang sudah ada dan kemudian membuat media pembelajaran yang dapat mendukung kegiatan proses pembelajaran. Selain itu juga menyusun materi dengan sistematika yang baik agar mudah dipahami oleh peserta didik.

 

 

BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN

 

  1. A.     KESIMPULAN

Setelah kami mengikuti program pengalaman Lapangan (PPL) kami dapat menyimpulkan

  1. Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu upaya untuk meningkatkan sikap profesional sebagai calon guru, agar mempunyai kemampuan dan pengalaman, baik secara teori maupun praktek, sehingga terbentuk profesional guru atau tenaga pendidik yang memiliki kemampuan menganalisis, mengelola dan menilai program pembelajaran.
  2. Program Penglaman Lapangan (PPL) dapat melatih diri dalam menentukan sikap dan mengambil keputusan dari setiap permasalahan dalam pendidikan formal yaitu dalam kegiatan belajar mengajar.
  3. Program Penglaman Lapangan (PPL) dapat melatih calon guru dalam memilih metode yang sesuai untuk diterapkan dalam praktek mengajar di kelas, juga dapat melatih bagaimana menghadapi siswa dengan krakteristik yang berbeda di dalam kelas atau bagaimana pengelolaan kelas.
  4. Kegiatan PPL sangatlah bermanfaat untuk menambah wawasan, pengetahuan, dan pengalaman baru baik secara teoritis maupun teknis untuk membentuk mahasiswa PPL menjadi guru yang profesional di kemudian hari.
  5. Profesi guru adalah sebuah pilihan dan bukan sebuah pelarian, sebuah pilihan akan membawa pemilihnya pada keberhasilan yang didasari dengan keikhlasan dan rasa tanggung jawab yang tinggi.
  6. Menjadi guru adalah sebuah kemulyaan, menyenangkan, dan meningkatkan  serta melatih kesabaran.

 

 

  1. B.     SARAN

 

1)     Guru/pendidik dalam kegiatan belajar mengajar diharapkan menggunakan metode yang sesuai dengan materi agar pesan atau materi yang akan disampiakan dapat mudah diterima oleh anak didik.

2)     Guru/pendidik untuk dapat lebih memperhatikan keadaan psikologi anak didik agar proses belajar mengajar dapat berjalan lebih efektif.

3)     Diharapkan bagi panitia penerimaan siswa/siswi baru agar lebih, selektif supaya menghasilkan Output yang berkompeten.

4)     Untuk rekan-rekan dan adik-adik kami yang akan melaksanakan PPL, hendaknya agar mempersiapkan diri sebaik mungkin dan sedini mungkin. Dimulai dari penguasan materi dan teori yang dipelajari di kampus, mampu memanfaatkan media dan tekhnologi sebagai sarana penunjang, menguasai berbagai metode pembelajaran, memperkaya diri dengan permainan-permainan yang dapat meningkatkan semangat siswa, pengetahuan tentang cerita-cerita pendek yang dapat diambil manfaatnya untuk membentuk karakter siswa, dan  mempersiapkan mental yang dapat menunjang kinerja guru praktikan untuk membawa nama baik civitas akademika dan mencerdaskan anak bangsa.

5)     Jauhkan diri dari pemikiran seberapa besar nilai yang akan didapatkan, namun orientasikanlah diri pada keikhlasan dan ibadah dengan demikian apa yang akan dilakukan akan semakin berkah dan lebih baik pada hasil akhirnya.

 

 

BAB IV

PENUTUP

 

Puji dan syukur penulis haturkan kehadirat tuhan yang maha esa, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) STAIN Jurai Siwo Metro 2012 di SMA Negeri 1 Kotagajah, dengan hasil yang baik. Harapan penulis, semoga laporan ini  dapat bermanfaat bagi kami (penyusun) khususnya dan bagi pembaca pada umumnya serta dapat digunakan untuk memenuhi tugas dalam penyelesaian mata kuliah Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun Akademik 2011/2012.

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dari tahap persiapan hingga tahap penyusunan laporan ini.

Penulis menyadari bahwa dalam kegiatan PPL dan penyusunan laporan PPL banyak sekali terdapat kekurangan dan ketidak sempurnaan. Oleh karena itu,kritik dan saran yang membangun sangat kami nantikan untuk menjadi lebih baik dimasa yang akan datang.

 

 

Metro, 10 Maret  2012

Penyusun

 

 

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

  1. Lampiran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
    1. Imam Rohani
    2. M Hasyim Asrori
    3. Wahyudi
    4. Eli Oktalia
    5. Misbakhudin
    6. Vidya Maya Sari PD

 

  1. Lampiran Instrumen Uji Kompetensi
    1. Imam Rohani
    2. M Hasyim Asrori
    3. Wahyudi
    4. Eli Oktalia
    5. Misbakhudin
    6. Vidya Maya Sari PD

 

  1. Lampiran Nilai Pembelajaran Siswa
  2. Lampiran Time Schedule
  3. Lampiran Kalender Pendidikan
  4. Lampiran Absen Mahasiswa
  5. Lampiran Jadwal Piket Mahasiswa
  6. Lampiran Foto Kegiatan Pembelajaran
  7. Lampiran Laboratorium

 

4 thoughts on “Sekilas PPL

  1. Alhamdulillah, terima kasih yah mas atas postingannya. Artikel ini bnr2 sangat berguna skali bwt sya. Insya Allah, sya akan praktekan apa yg da di artikel ini ketika saya PPL nanti (03 September 2012).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s